taken from Malang Post
(makasih ya Mbak..udah wawancara kita, heheh)

MALANG– Usaha Kecil Menengah yang menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia di tengah krisis global ternyata menarik minat kaum muda. Terbukti dalam ajang UKM Fair yang digelar di Exhibition Hall Plaza Dieng, beberapa kelompok mahasiswa ikut serta dan berkompetisi dengan pengusaha UKM yang lebih dulu eksis.
Salah satunya adalah UKM souvenir bermerek Alang (Aseli Malang) yang digagas oleh kelompok mahasiswa asal Jurusan Ilkom Universitas Brawijaya (UB). UKM yang dibentuk empat mahasiswa angkatan 2005, yakni Ratna Mufidah, Pipit Tunjungsari, Fifin Handayani dan Lusvita Anggraini, khusus memproduksi aneka souvenir Malangan yang diperuntukkan bagi segmen anak muda se-usia mereka.
Ketua Tim Alang, Ratna Mufidah mengatakan kelompok usahanya ini sebenarnya dibentuk atas program mahasiswa wirausaha UB. Sebelumnya memproduksi berbagai macam souvenir dan mengikutsertakan dalam ajang UKM Fair, mereka mengajukan konsep ke pihak kampus untuk memperoleh modal usahanya.
“Konsep yang kami ajukan ke kampus ternyata diterima, dan kami pun berhak atas modal sebesar Rp 5 juta untuk mengembangkan bisnis souvenir ini. Sekarang ini usaha kami sudah berjalan sekitar dua bulan dan ini merupakan pameran pertama yang kami ikuti untuk memperkenalkannya pada masyarakat,” ungkap Ratna yang juga alumni SMAN 3 Malang itu.
Alang memproduksi berbagai bentuk souvenir khas anak muda seperti kaos, mug, pin, gantungan kunci hingga gantungan handphone. Karakter Malangannya sendiri mereka tampilkan pada desain serta permainan kata khas orang Malang, yakni bahasa walikan. Selain memperkenalkan produk mereka melalui ajang pameran, aneka souvenir Alang ini juga diperkenalkan melalui media blog. Bahkan pemasaran melalui blog sudah lebih dulu mereka jalankan. Ratna menjelaskan pemasaran melalui media blog lebih mengena ke target pasar mereka, yakni anak muda, karena banyak anak muda yang memanfaatkan media ini. (nda/mar)

Last Updated on Sunday, 10 May 2009 09:53

Advertisements